Resep Membuat Otak - Otak yang Kenyal dan Gurih Asli Bangka

Otak – otak ini adalah salah satu makanan tradisional khas bangka yang berbahan dasarnya dari ikan laut, atau ikan tenggiri, yang di bungkus dengan daun pisang kemudian di panggang di atas bara api.

Otak – otak memiliki rasa yang enak dan gurih serta teksturnya itu agak sedikit kenyal. Camilan yang satu ini paling enak apabila di sajikan dengan sambal kacang-cuka yang menyegarkan.

Oleh karena itu bagi bunda pembaca setia INIRecipes wajib untuk mencoba kelezatan dari otak-otak ini dengan membuatnya sendiri di rumah, karena cara pembuatanya sangat mudah dan tidak memerlukan banyak waktu apabila bahan-bahan yang di butuhkan sudah terkumpul, dan berikut di bawah ini resepnya :

Bahan-bahan

  1. Daging ikan tengiri sebanyak 1 kg (Apabila tidak ada bisa bunda ganti dengan ikan tuna, kuwe, dan ikan berdaging putih lainnya)
  2. Santan kental dingin sebanyak 400 ml (sebaiknya di simpan dulu santan di lemari es sebelum mau di gunakan)
  3. Gula pasir sebanyak 150 gram
  4. Tepung sagu tani sebanyak 150 gram
  5. Putih telur sebanyak 100 ml
  6. Bahan Bumbu
  7. Garam sebanyak 30 gram
  8. Daun bawang yang sudah diiris halus sebanyak 5 sendok makan
  9. Bawang merah yang sudah diiris halus sebanyak 2 sendok makan
  10. Bawang putih yang sudah diiris halus sebanyak 2 sendok makan
  11. Lada sebanyak 1 sendok teh
  12. Vetsin sebanyak 1 sendok teh, hanya optional saja, dan tidak pakai juga tak mengapa

Bahan Untuk Sambal Kacang

  1. Air sebanyak 750 ml
  2. Kacang tanah goreng, sebanyak 250 gram, lalu dihaluskan
  3. Cabe rawit, sebanyak 100 gram atau sesuai selera
  4. Gula sebanyak 5 sendok makan
  5. Cuka sebanyak 3 sendok makan
  6. Garam sebanyak 3 sendok teh
  7. Cara Membuat Sambal Kacang
  8. Masak semua bahan-bahan di atas menjadi satu hingga matang dan kental

Cara Membuat Otak-otak:

  1. Masukkan 1 kg ikan tenggiri dengan santan dan semua bahan bumbu ke dalam blender (kecuali daun bawang). Lalu proses sebentar saja, kemudian masukkan 100 ml putih telur, 150 gram tepung sagu dan 150 gram gula pasir, blender kembali hingga tercampur rata dan mengental.
  2. Keluarkan adonan dari tabung blender, lalu uleni menggunakan tangan dan banting-banting agar adonan menjadi kenyal nantinya.
  3. Pada plastik segitiga yang sudah di beri lubang ujungnya, masukkan adonan otak-otak lalu semprotkan ke atas 1 lembar daun pisang, kemudian gulung dan semat pada kedua ujungnya dengan lidi, lakukan terus sampai adonan habis.
  4. Apabila semua adonan sudah di bungkus, sebelum di panggang sebaiknya di kukus dahulu sebentar, kemudian panggang agar hasilnya nanti akan lebih enak dan wangi, eummmmm.
  5. Otak-otak kini sudah siap di sajikan selagi masih hangat dengan sambal kacang yang pedas dan gurih. Maknyosssss deh pokonya!.....


Sumber : www.inirecipes.id
edit