5 Langkah Praktis Membuat Klepon Spesial Untuk Keluarga Tercinta !

Kue klepon merupakan salah satu jenis kue jajanan pasar khas dari Indonesia. Kue klepon ini termasuk dalam golongan kategori kue basah yang banyak digemari. Selain rasanya enak, kue tradisional ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal. Kue klepon terdiri dari dua jenis yaitu kue klepon yang berbahan dasar tepung ketan dan juga kue klepon yang berbahan dasar ubi. Namun kue klepon yang akan kami sajikan kali ini adalah kue klepo tepung ketan yang dicampur dengan bahan pelengkap lainnya.

Kue klepon biasanya disajikan dengan teburan kelapa parut sehingga membuat makanan ini menjadi lebih gurih selain rasa manis yang pas. Kue basah ini berbentuk bulat-bulat kecil dan biasanya diberi warna hijau pandan supaya dapat menambah tampilan yang lebih cantik pada saat disajikan. Berikut kami bagikan resep membuat kue klepon pandan gula merah.


Bahan :

  • 200 g tepung beras ketan (tepung ketan)
  • 3/4 cangkir air
  • Pandan pasta
  • 75 gram gula Gula melaka/Gula Jawa = iris tipis
  • Parudan kelapa
Cara membuat:

  1. Campurkan tebung beras ketan dengan air sedikit demi sedikit, dan sambil tambahkan 2 tetes pasta pandan, Anda dapat berhenti menambahkan air ketika adonan sudah bisa di bentuk bola tanpa lengket.
  2. Panaskan air hingga mendidih
  3. Sambil menunggu air mendidih, anda dapat membuat bola bola yang di isi dengan gula dari adonan yang sudah diracik sebelumnya.
  4. Masukan bola-bola adonan kedalam air yang mendidih, tunggu hingga bola-bola kelepon muncul ke permukaan yang nenandakan bahwa klepon anda sudah matang.
  5. Angkat dan tiriskan lalu anda dapat menambahkanya dengan parudan kelapa, aduk hingga merata.
  6. Klepon Spesial Siap di Sajikan Kepada Keluarga Tercinta

edit