Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tanpa Tepung

Untuk cemilan hari ini, maka bunda bisa mencoba membuat kentang goreng renyah tanpa tepung untuk keluarga anda. Biasanya ibu tertarik mencoba membuat kentang goreng renyah ini setelah mencicipi kentang goreng tanpa tepung KFC yang terkenal mempunyai rasa gurih asin dan renyah sekali. Rasa dari kentang yang dihasilkan dapat garing renyah dan tidak lembek, mirip seperti kentang goreng french fries yang juga mempunyai rasa sangat renyah sekali saat disantap. Untuk itulah para ibu bisanya merasa tertantang untuk mencoba sendiri membuat kentang goreng renyah buatan sendiri rumahan namun mempunyai rasa yang tidak kalan enak dengan kentang goreng KFC yang terkenal tersebut. Nah,berikut ini bisa anda coba sendiri cara membuat kentang goreng agar renyah dan garing, sehingga dapat membuat keluarga anda betah menikmati cemilan suguhan resep masakan sederhana ini.

Nah, berikut ini adalah bahan dan resep yang anda butuhkan. Dengan memotong motong kentang sebesar jari , kemudian jangan lupa cuci bersih dan tiriskan. Lalu campur tepung maizena dan garam halus secukupnya. Kemudian kentang yang sudah ditiriskan tadi yang airnya sudah habis dicampurkan ke dalam campuran garam dan tepung maizena yang sudah disiapkan tadi. Aduk dengan rata, dan biarkan beberapa saat sampai tepung maizena meresap dan menempel di kentang. Mulanya, tepung akan membuat permukaan kentang menjadi putih, tapi lama kelamaan tepung maizena akan terserap dan kentang kembali basah, dan kentang siap di goreng dengan memakai minyak yang banyak.

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tanpa Tepung
gambar kentang goreng tanpa tepung


Bahan resep :
  • 1 kg kentang mentega
  • Tepung terigu secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Air untuk merebus secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara membuat kentang goreng renyah tanpa tepung :
  1. Kupas kulit kentang lalu potong memanjang
  2. Setelah itu kentang yang sudah dipotong lalu dicuci dengan air sampai benar-benar bersih dan air cucian cukup bening supaya pada saat digoreng kentang tidak cepat lepek
  3. Rebus kentang dalam air mendidih selama 5 menit, angkat tiriskan
  4. Taburi kentang rebus dengan tepung terigu dan penyedap rasa secukupnya
  5. Aduk hingga merata sampai kentang benar-benar berselimut tepung
  6. Masukkan kentang dalam wadah tertutup lalu masukkan kentang kedalam freezer selama 1-2 jam. (ini adalah tips agar kentang renyah dan garing saat digoreng)
  7. Panaskan minyak lalu goreng kentang yang sudah dingin diatas api sedang sampai seluruh kentang terendam dengan minyak
  8. Tunggu sampai kering dan matang sambil dibolak-balik, angkat tiriskan
  9. Sajikan kentang goreng renyah dengan cocolan saus sambal
edit